25
Aug
09

Prinsip Dasar Akuntansi…

Pengertian Dan Prinsip Akuntansi Akuntansi berkaitan dengan cara-cara atau teknik pencatatan, penggolongan, merangkum, dan melaporkan transaksi keuangan suatu perusahaan/organisasi dalam periode tertentu yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dan penilaian kinerja.

Tulisan ini dimaksudkan untuk memberikan paparan mengenai kegiatan-kegiatan akuntansi tersebut di atas, prinsip akuntansi, laporan keuangan dan analisisnya. Rasanya sulit merangkum semua paparan dalam suatu tulisan pendek, tapi fokus dari tulisan ini adalah mencoba memberikan pedoman umum mengenai akuntansi dan bagaimana membaca kinerja suatu perusahaan/organisasi yang tercermin dalam laporan keuangannya.
Apa sebenarnya perbedaan antara pembukuan dan akuntansi?

1. Pembukuan: hanya kegiatan pencatatan dari kejadian ekonomi/transaksi bisnis (salah satu dari proses akuntansi)
2. Akuntansi: melibatkan seluruh proses akuntansi (pencatatan, penggolongan, peringkasan, penyiapan laporan keuangan)

Siklus, persamaan, dan metode pencatatan Akuntansi

Pada prinsipnya siklus akuntansi dimulai dari adanya transaksi bisnis (business transaction) dan penyiapan dokumen yang berkaitan dengan transaksi tersebut (documents of source). Dari dokumen ini kita melakukan penjurnalan dan penggolongan (posting) ke dalam buku besar (general ledger) sesuai dengan jenis transaksinya. Dari buku besar, kita melakukan kompilasi ke neraca percobaan (trial balance). Neraca percobaan merupakan sumber untuk membuat laporan keuangan (financial statement) dalam bentuk laporan laba-rugi dan neraca.

Ilustrasi Proses Akuntansi Jurnal (Journal)

Jurnal bisa berbentuk dua-kolom ataupun multi-kolom. Kegunaannya sama, dan keduanya memuat debit dan kredit. Perbedaannya hanya pada layout-nya. Jurnal dua-kolom digunakan untuk jurnal umum. Multi-kolom umumnya digunakan untuk pengeluaran/penerimaan kas, karena satu kolom untuk kredit/debit yang selalu sama dan kolom-kolom lainnya adalah biaya/sumber penerimaan yang bermacam-macam. Laporan keuangan

Laporan Keuangan memberikan informasi mengenai kinerja keuangan yang meliputi laporan laba-rugi, neraca, dam laporan arus kas, yang berguna dalam pengambilan keputusan. Tujuan pembuatan laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi mengenai prospek arus kas, kondisi keuangan, kinerja dan laba, dan pembiayaan. Disamping itu, laporan keuangan dapat digunakan untuk membuat keputusan dan menilai kinerja manajemen.

Dalam Armadillo Accounting system,  kita tidak hanya sekedar mencatat pembukuan saja, tetapi juga melakukan proses akuntansi secara keseluruhan, hanya saja dengan cara yang lebih efisien dan sistematis. Karena ketika kita memasukkan data transaksi maka secara bersamaan akan tersusun juga jurnal, berikut neraca dan laporan rugi laba nya.

Armadillo Accounting system dirancang sesuai dengan prinsip dasar akuntansi yang baku, sehingga sesuai diterapkan pada semua jenis usaha.

(dikutip dari berbagai sumber)

About these ads

0 Responses to “Prinsip Dasar Akuntansi…”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 198 hits

Ingin Mengkomputerisasi Bisnis Anda ? Hubungi kami :

Radian Multi Prima, CV
Pandanwangi Royal Park II Blok F-55
Malang - Jawa Timur
0341 - 992 5605
0341 - 299 2180
Faximile :
0341 - 299 6869
Email :
marketing@radiansystem.com
---------------------
Senin - Jum'at
08:30 - 16:30

Sales 1


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: